Sabtu, 15 Oktober 2016

Suntik Meningitis di RS Fatmawati

“Bu dokter, kalau saya gak mau suntik, saya bisa dapat kartu kuningnya gak?’ Tanya seorang pemuda yang berusia 20-an, dengan antrian satu nomor di depan saya.
“Ya nggak bisalah, kartu kuning ini salah satu syarat untuk umroh atau haji,” jawab dokter itu dengan suara agak keras.
“Tapi saya gak berkenan untuk disuntik. Saya hanya mau ibadah,” ujar pemuda itu bersikeras.
“Ya terserah anda saja, tapi saya tidak mau mengeluarkan kartu kuning ini,” bantah bu dokter itu dengan santai.

Pembicaraan selanjutnya saya tidak terlalu mendengarnya, lagipula giliran saya sudah selesai.
Well, ternyata suntik meningitis ada yang setuju, ada juga yang tidak. Lantas bagaimana dengan yang tidak setuju, apakah mereka tetap bisa pergi umroh?
Untuk yang satu itu saya tidak tahu jawabannya, dan gak nyari tahu juga. Hahaha…

Sebenarnya apa sih suntik meningitis itu?
Suntik meningitis adalah  proses disuntikkannya vaksin meningitis ke tubuh untuk kekebalan tubuh terhadap penyakit selaput otak atau radang membrane pelindung system syaraf pusat. Jika terkena infeksi ini dapat menyebabkan inflamasi pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Alhasil kendali gerak dan pikiran menjadi rusak, dan selanjutnya bisa menyebabkan kematian. Begitu penjelasan dokter ahli.

Untuk kalian yang berada di daerah Jakarta dan ingin suntik meningitis, berikut saya referensikan beberapa tempat :
  1. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Jakarta Area Perkantoran Bandara Soekarno Hata, Cengkareng Telp. 5502277 / 5506068
  2. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Halim Perdana Kusuma. Jln Jengki no 45 Rt 8 Rw 2 Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makassar, Cililitan Jakarta Timur. Telp. 8000166
  3. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Tanjung Priok Jln. Nusantara No. 2 Tanjung Priok Jakarta Utara  14310  Telp. 021-43931045  Fax : 021-4373265   Email : info@kkptanjungpriok.net
  4. Persahabatan Rawamangun. Jl.Persahabatan Raya No.1 Rawamangun Jakarta Timur 132030. telp. 021-4891708
  5. RS Fatmawati. Jl. RS Fatmawati Cilandak, Jaksel Kode Pos 12430. Telp : 021-7501524
Saya memilih RS Fatmawati, karena lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal saya,
Tepatnya di Gedung Bougenvile, salah satu gedung terbaru di lokasi tersebut.

Tempatnya nyaman sekali. Bersih dan ber AC pula, tidak perlu antri berlama-lama.
My mom, my cousin and my aunty lagi pada di R. Tunggu
Hanya saja jangan terkecoh dengan pengumuan ini yaa
Tertulis buka jam 06.00, kenyatannya dari jam 05.00 orang sudah mengambil nomor. Bahkan ada yang mengambil nomor jam 01.00 dinihari loh, demi mendapatkan nomor awalan.
Kuota per hari nya hanya 150 orang. Alhamdulillah saya dan keluarga  berangkat kesini ba’da subuh, itu saja kami dapat nomor antrian 135 ke atas.

Adapun persyaratannya, anda cukup membawa:

     1.   Fotokopi paspor
    2.  Foto 4x6 1 lembar, tapi yang 80% wajah yaa
     3.  Mengisi Formulir

Biaya yang dikeluarkan per Oktober 2016
Sebesar Rp 305.000

Langkah-langkahnya :
1. Ambil nomor dan isi formulir
2. Sertakan Formulir beserta kelengkapannya lalu lakukan pembayaran (nunggu dipanggil nomornya ya...)
3. Masuk ke ruangan untuk disuntik
4. Serahkan surat dari dokter ke kasirnya
5. Dapat deh buku kuningnya

Semoga bermanfaat

7 komentar:

  1. hari sabtu atau minggu bisa gak bro?

    BalasHapus
  2. Kemarin 6 Februari 2017 suntik meningitis di Fatmawati.
    Datang jam 6.30 pagi, terus dilayani pake catatan manual oleh security untuk dapat jadwal antri. kemudian dipanggil satu-satu untuk masuk ruangan biar gak berebut nomer antrian. antrian ditangan dapat nomer 76. Oh iya pas dicatat manual sama security pastikan nama anda tidak terlewat terkadang securitynya gak fokus bacain nama orang "True Story" saya kena saat nama saya dilewatin beberapa orang.
    Skip, masuk ke ruangan terus ngisi data diri dikomputer yang disediakan bagi yang belum pernah berobat di fatmawati (Wajib) bakal ngantri juga. Trus jam 8 teng loket baru dibuka dan satu-satu dipanggil untuk dicek nomor antrian (Gak Penting amat proses ini saran buat rs fatmawati ) kemudian naik ke lantai tiga, banyak suster yang mengecek keabsahan data kita seperti fotokopi ktp dan potokopi passpor (foto kayanya ga wajib heran juga kenapa ga diperiksa masukan buar rs fatmawati) terus ngisi formulir manual (Sediakan pulpen dari rumah). setelah mengisi formulir kumpulin lagi ke meja perawat. 45 menit kemudian dipanggil dan disuntik. bayar 305.000. terus ambil buku kuningnya... saran saya datangnya agak siangan, nyantai ajaaa ga usah buru-buru. pelayanan suntik sangat cepat. ngantre nya yang lama hehehehe. beresnya jam 10 pagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiih kereen, makasih mas bro. Jadi lengkap deh.

      Hapus
  3. Gak Pake reservasi dulu yah,,??? di blog sebelah bilang harus reservasi sekitar semingguan baru disuntik

    BalasHapus
  4. Apakah bayarnya harus di atm atau di kasir ?

    BalasHapus